Categories
Lain Lain

Rasulullah Melarang Menggunakan Tangan Kiri saat Makan

Dalam Islam sangat dianjurkan untuk makan dengan tangan kanan. Namun terkadang ada kendala yang menghalangi seseorang untuk makan dengan tangan kanannya. Misalnya seperti saat Anda sedang pada jamuan makan malam formal dengan menggunakan metode meja. Selain itu, orang kidal juga makan dengan tangan kiri dan tidak jarang orang makan atau minum tanpa disadari dengan tangan kiri. Meskipun dalam beberapa buku referensi terbaik Islam sudah menerangkan hal ini namun masih banyak sekali orang yang masih tidak sadar menggunakan tangan kiri mereka.

Dalam konsep meja, makan dengan pisau dan garpu tidak bisa dihindari. Pisau akan dipegang di tangan kanan untuk memotong makanan, sedangkan garpu di tangan kiri untuk makan makanan berupa steak dan lainnya. Hal yang sama berlaku untuk orang kidal yang makan dengan tangan kiri. Sedangkan dalam Islam, makan dengan tangan kiri dilarang keras. Karena?

Bahkan sahabat Nabi, Umar bin Abi Salamah RA, pernah bercerita bahwa Nabi Muhammad telah memperingatkannya tentang tata krama. Berdasarkan hadits tersebut, jelas bahwa Rasulullah SAW sangat mewajibkan umat Islam untuk makan dengan tangan kanan. Alasannya makan dengan tangan kiri itu seperti setan.

Dengan hadits ini, jelas terlihat bahwa umat Islam dilarang keras menggunakan tangan kiri saat makan dan minum. Karena Setan menggunakan tangan kirinya untuk makan dan minum. Lantas bagaimana dengan orang kidal yang menguasai otak kanan sehingga sering menggunakan tangan kiri?

Ternyata makan dan minum bukanlah tindakan atau tindakan yang tepat yang membutuhkan ketelitian dan ketelitian seperti operasi, menulis, melukis dan lain-lain. Karena makan dan minum adalah kebiasaan yang bisa dilakukan dengan kedua tangan. Bagi orang kidal, mereka harus tetap membiasakan makan dan minum dengan tangan kanan, meskipun mereka sedang menulis dan melakukan aktivitas lain dengan tangan kiri.

Inilah mengapa umat Islam sangat dianjurkan untuk makan dengan tangan kanan. Pasalnya, umat Islam tidak boleh meniru perilaku setan yang makan dan minum dengan tangan kiri. Khusus untuk orang kidal, mereka harus berlatih makan dengan tangan kanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *