Categories
Gaya Hidup

Pengertian Batik Adalah

Apa sih yang dimaksud dengan batik itu? Secara umum pengertian batik ialah kain yang dilukis menggunakan lilin menggunakan alat yang disebut kemiringan sehingga kain tersebut memiliki lukisan yang bernilai seni tinggi. Pendapat lain menyatakan bahwa pengertian batik adalah kain bergambar yang dibuat khusus dengan cara menuliskan lilin pada kain mori (kain tenun putih, bahan pembuatan batik). Kemudian kain batik tersebut diolah melalui tahapan tertentu sehingga menjadi kain batik yang bernilai jual tinggi.

Secara terminologi dan etimologi, batik berasal dari bahasa Jawa, yaitu dari kata “mbat” (melempar) dan “titik” yang artinya menggambar titik secara berulang-ulang pada kain. Singkatnya, batik adalah seni mendekorasi kain dengan penutup lilin untuk membentuk pola ragam hias tertentu dan membentuk bidang pewarnaan.

Jenis batik

Batik dibedakan menjadi beberapa jenis. Menurut penjelasan terkait pengertian batik, beberapa jenis batik ialah sebagai berikut:

1. Batik tulis

Sesuai dengan namanya, batik tulis merupakan salah satu jenis batik tulis yang dibuat secara manual dengan bantuan alat miring untuk menempelkan motif malam hari pada batik. Cara melakukannya adalah dengan menggambar pola pada kain dengan tangan. Oleh karena itu, pembuatan batik jenis ini membutuhkan banyak kesabaran dan ketekunan karena setiap sudut motif mempengaruhi hasil. Selain itu, karena buatan tangan, pola yang dihasilkan tidak sama persis dari satu pola ke pola lainnya. Sehingga tidak heran jika harga batik tulis sangat mahal.

2. Batik Cap

Batik cap adalah batik yang dibuat dengan jenis batik cap. Stempel atau stempel terbuat dari bahan tembaga yang menggantikan kemiringan sehingga dapat mempersingkat waktu produksi batik. Batik cap ini diproduksi melalui proses pencelupan alat yang telah dimodelkan dengan cara tersebut pada kain. Namun motif batik cap tidak memiliki seni karena polanya sama. Hingga harga batik cap sangat murah karena diproduksi secara masal.

3. Kombinasi Cap dan Tulis

Ada juga jenis batik yang merupakan perpaduan antara batik tulis tangan dan batik cap. Jenis batik ini dibuat untuk mengurangi kelemahan pada produk batik cap. Dalam proses pembuatan kombinasi ini, membatik membutuhkan persiapan yang rumit. Terutama dari kombinasi motif tulisan dan motif bergambar. Namun nilai artistik produk tersebut disamakan dengan batik cap.

4. Batik printing

Batik printing atau yang disebut juga batik sablon karena dalam proses pembuatannya batik jenis ini lebih mirip dengan sablon. Dalam mewujudkan percetakan batik menggunakan cetak offset atau sablon. Dalam hal implementasi, ini sangat sederhana dan efektif dari waktu ke waktu. Harga batik ini juga cukup terjangkau, seperti halnya harga batik cap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *