Categories
Lain Lain

Cara Memulai Usaha Bengkel

Jumlah kendaraan bermotor terus meningkat. Hal itu ditentukan oleh daya beli masyarakat yang meningkat dan kemudahan pengajuan kredit. Kendaraan bermotor tidak selalu bekerja dengan baik. Terkadang, mesin rusak dan karenanya tidak berfungsi dengan baik.

Dikatakan Trijaya Part Motor mesin kendaraan seperti sepeda motor dan mobil juga membutuhkan perawatan berkala. Suku cadang harus diganti dalam waktu tertentu. Dari beberapa kondisi di atas, sebagian orang memanfaatkannya untuk membuka seminar. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana memulai bisnis bengkel sepeda motor dan mobil dari nol hingga sukses.

Sepeda motor dan mobil memiliki fitur yang berbeda. Mari kita mulai dengan memulai bengkel sepeda motor.

1. Menentukan lokasi bengkel sepeda motor

Lokasi adalah salah satu hal terpenting dalam memulai bisnis. Lebih jauh, bengkel sepeda motor merupakan aktivitas fisik, bukan aktivitas virtual. Sebaiknya pilih lokasi yang strategis dan berada di tengah keramaian. Misalnya di pinggir jalan, di tengah kota, dekat pasar dan sebagainya. Pastikan publik dapat melihat bisnis Anda dengan mudah. Dengan cara ini, bengkel Anda akan mudah dikenali.

Namun, jika Anda memang memiliki modal minim, Anda bisa mengubah bisnis garasi Anda menjadi bisnis rumahan. Anda bisa memanfaatkan garasi atau lahan yang tersedia di rumah sebagai lokasi usaha bengkel Anda.

2. Tentukan modal awal

Modal awal untuk membangun bengkel sepeda motor meliputi biaya pembangunan bengkel, biaya operasional, pembelian sparepart dan pembelian perlengkapan. Anda dapat menyewa kamar atau membangun bengkel dari awal. Harganya sesuai dengan luas bangunan yang diinginkan. Ini juga menghitung modal yang dibutuhkan untuk biaya operasi bulanan, pembelian peralatan bengkel dan suku cadang.

3. Peralatan dan biaya operasional rinci

Biaya operasional meliputi beberapa item seperti gaji karyawan, biaya listrik, dan dana tabungan. Pada awal bisnis, keuangan tidak stabil. Untuk amannya, perlu menyediakan dana operasional setidaknya untuk 3 bulan pertama. Ini awal jika bisnis tidak stabil pada awalnya.

Hitung juga lebih detail peralatan yang dibutuhkan. Misalnya kunci inggris, obeng, kompresor dan lain sebagainya. Untuk referensi manajemen keuangan, Anda bisa melihat Tips Manajemen Keuangan.

4. Temukan mekanik yang bisa Anda percaya

Mekanik adalah penggerak utama dalam bengkel sepeda motor. Temukan tenaga kerja yang terampil. Anda dapat menentukan pilihan sebelum memulai kegiatan laboratorium. Lakukan berbagai pengujian seperti analisis kerusakan mesin, perbaikan, penggantian oli dan penggantian suku cadang. Keahlian yang kurang, cari mekanik yang jujur ​​dan ramah. Ini akan sangat mempengaruhi bisnis Anda.

5. Siapkan suku cadang

Suku cadang yang Anda beli haruslah yang paling dibutuhkan oleh pengguna. Jika saat pembukaan pelanggan membutuhkan part lain, Anda bisa langsung membelinya. Disinilah peran Trijaya Part yang menyediakan Paket Bengkel Motor untuk usaha bengkel anda.

Contoh dari beberapa suku cadang yang paling banyak dicari adalah bantalan rem, busi, rantai cam, pelindung kopling, dan banyak lagi. Jangan lupa sediakan pelumas dari berbagai merk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *